Kamis, 06 Maret 2014

Pengertian Penyakit Vitiligo

Pengertian Penyakit Vitiligo

Apa itu Vitiligo? Vitiligo adalah sejenis kelainan kulit yang disebabkan hilangnya melanin pada kulit karena melanosit tidak dapat lagi memproduksi melanin.  Pada gejala awal kemungkinan sel melanosit masih ada cuman dia sudah tidak dapat lagi memproduksi melanin, kemudian lama kelamaan sel melanositpun akan ikut hilang.

Munculnya Vertiligo biasanya ditandai dengan gejala awal seperti munculnya bercak-bercak putih pucat pada kulit, atau berkurangnya warna kulit pada sebagian area kulit yang lama-lama semakin jelas, dan pada akhirnya warna kulit asli akan benar-benar hilang. Didunia kedokteran, keadaan ini disebut dengan depigmentasi atau keadaan dimana kulit sudah tidak mempunyai pigmen sama sekali.
Keterangan Istilah:
  • Melanosit adalah sel yang terdapat pada lapisan epidermis kulit yang berfungsi untuk memproduksi melanin.
  • Melanin adalah pigmen kecoklatan yang berfungsi untuk menghadang efek buruk sinar matahari dengan menurunkan jumlah sinar yang masuk kedalam kulit, serta sebagai pigmen pembentuk warna kulit, rambut dan mata pada manusia.
Penyebab Vitiligo
Hingga saat ini para ahli belum dapat menentukan secara pasti penyebab utama dari kelainan kulit Vitiligo ini. Namun beberapa faktor sering dikaitkan akan munculnya Vitiligo ini, seperti faktor mallfungsi dari kekebalan tubuh yang gagal mengenali bagian dari tubuhnya sendiri sehingga sistem imunitas tubuh akan menghajar dan melawan sel dan jaringan miliknya sendiri.
Meski penyebab vitiligo belum secara tepat diketahui, tetapi sebagian besar penelitian sering mengaitkan beberapa faktor berikut ini sebagai hal yang dapat menyebabkan terjadinya Vitiligo.
  • Gangguan autoimun – sistem kekebalan tubuh pasien menjadi terlalu aktif, sehingga menghancurkan melanosit
  • Trauma dan gesekan, seperti area yang rawan seperti tangan, kaki, siku, lutut dan pergelangan tangan
  • Sebuah peristiwa stres
  • Terkena sengatan matahari yang terlalu parah atau terkena luka bakar
  • Paparan bahan kimia tertentu
  • Faktor keturunan, karena ditemukan beberapa dari penderita mempunyai jalur keluarga yang terkena Vitiligo
  • Kadang-kadang kehilangan pigmen dapat terjadi pada seseorang yang memiliki melanoma, keganasan dari sel-sel yang memproduksi melanin (melanosit).
Gejala Vitiligo
Tanda utama dari vitiligo yang nampak secara fisik adalah warna kulit memudar dan berubah menjadi bercak berwarna putih susu. Tak hanya itu saja, Anda juga akan mengalami pemutihan rambut atau tumbuhnya uban pada kulit kepala Anda sebelum waktunya.

Bulu mata, alis, dan jenggot juga mengalami perubahan warna menjadi putih. Selain itu, jaringan yang melapisi bagian dalam mulut Anda (selaput lendir) dan lapisan dalam mata (retina) akan kehilangan warnanya.

Nah bila anda merasakan tanda gejala seperti di atas anda tidak usah keatir karna kini telh hadir obat vitiligo yang aman dan ampuh mengatasi vitiligo, Untuk melihat dan membaca kahsaiat obat vitiligo anda bisa Klik di Obat Vitiligo herbal

mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan semoga bermanfaat dan berguna bagi yang membutuhkan.






Tidak ada komentar:

Posting Komentar